Myelin, sang Memori Otot Penentu Keberhasilan

09/05/2010 at 11:08 pm Leave a comment


Jakarta – Banyak orang yang tidak menyadari bahwa keberhasilan tidak hanya ditentukan dari brain memory. Temuan-temuan terbaru dalam ilmu biologi menunjukkan ada memori lain yang tak kalah penting yaitu muscle memory yang terletak di seluruh jaringan otot kita.

Brain memory terbentuk dari pengetahuan. Sementara muscle memory terbentuk karena latihan. Manusia yang hanya membangun pengetahuan melalui brain-nya akan menjadi manusia formula yang hanya melihat dari kaca mata brain memory-nya. Sedangkan manusia yang hanya melakukan latihan akan bergerak reflektif otomatis.

Gabungan keduanya akan menghasilkan gagasan-gagasan dan tindakan-tindakan kreatif yang tiada akhir yang kita sebut keunggulan daya saing. Yang perlu diingat, gagasan saja tidak cukup, diperlukan juga tindakan untuk merealisasikan gagasan.

Demikian ditulis Rhenald Kasali dalam buku terbarunya yang berjudul ‘Myelin, Mobilisasi Intangibles Menjadi Kekuatan Perubahan. Buku ini merupakan rangkaian dari buku tentang perubahan (Change!) yang pernah ditulis Rhenald sebelumnya.

“Riset yang saya lakukan sepanjang 2009 menemukan ada kesalahan mendasar yang telah kita lakukan dan masih terus kita diamkan mengisi diri kita, anak-anak didik kita, karyawan dan para eksekutif. Kesalahan itu menyangkut soal memori. Kita memberi singgasana terhormat hanya pada suatu memori saja yaitu brain memory,” urai Rhenald dalam bukunya tersebut.

Rhenald pun membandingkan sistem pendidikan di Indonesia yang selalu menekankan pintar berhitung dan membaca tapi tidak terlalu menekankan pada sisi motorik. Berbeda dengan sistem pendidikan asing yang umumnya juga menekankan sisi motorik.

“Hasilnya, orang kita menjadi tidak terlatih di banyak hal. Mereka mengerti banyak hal, tapi diam. Berbeda dengan orang asing yang meskipun mereka tahunya cuma sedikit, tapi mereka berani,” jelas Rhenald mengenai bukunya, ketika ditemui detikFinance di Rumah Perubahan, Sabtu (20/3/2010).

Padahal, lanjut Rhenald, komponen muscle memory atau disebutnya sebagai myelin tak kalah penting karena ia adalah sumber dari segala talenta yang dibentuk melalui deep practice. Menurut Rhenald, tidak hanya atlet yang perlu membangun myelin.

Myelin merupakan insulasi yang membungkus mata rantai jaringan syaraf yang mempunyai peran untuk meningkatkan daya pancar, kecepatan dan keakurasian sinyal yang dikirim. Semakin tebal myelin, semakin mahir manusia itu akrena sinyal keahlian yang dibawa dibungkus rapi dan bergerak lebih powerfull.

“Fakta-fakta yang baru menunjukkan pembentukan myelin ada dibalik sukses artis besar, pelukis terkemuka, akademisi terpandang, keterampilan karyawan, bahasa tubuh para pemimpin besar, action oriented para entrepeneur sukses dan terobosan-terobosan yang dilakukan perusahaan inovatif yang disegani masyarakat,” jelas Rhenald.

Manusia yang mengandalkan brain memory, dia akan ibarat penguasa yang malas yang memperoleh kekuasaan monopoli. Mereka kaya, tetapi tidak inovatif, lamban dan tambun. Sebaliknya, manusia hanya mengandalkan muscle memory, dia akan gesit, pintar, bisa jadi kaya tapi tidak berpengetahuan. Namun gabungan keduanya akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa bahkan menciptakan perubahan.

Rhenald pun mengambil contoh perusahaan Sharp yang dulunya hanya pembuat pensil mekanik sekarang sukses memroduksi televisi dan kulkas. Juga PT Wijaya Karya Tbk yang dulunya hanya instalatur listrik namun sudah berubah menjaid perusahaan terintegrasi dalam bidang infrastruktur energi.

“Myelin yang mereka tumbuhkan membentuk intangibles dan intangibles membentuk kekuatan perubahan,” demikian tulis Rhenald.

Sumber Detik Finance / detik.com

Advertisements

Entry filed under: bisnis dan planing. Tags: .

Merajut Etos Spiritualitas dalam Dunia Kerja Tingkat Kepuasan Pelanggan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


BUdi yunianto

Categories

Blog Stats

  • 12,107 hits

Statistik

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Pages


%d bloggers like this: